Main Article Content

Abstract

Asuhan kebidanan komprehensif merupakan asuhan menyeluruh manajemen kebidanan mulai dari ibu hamil, bersalin, sampai bayi baru lahir sehingga persalinan dapat berlangsung aman dan bayi yang dilahirkan selamat dan sehat sampai masa nifas (Lapau, 2015). Asuhan Kebidanan Continuity of Care (COC) merupakan asuhan kebidanan berkesinambungan yang diberikan kepada ibu dan bayi dimulai pada saat kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, nifas dan keluarga berencana, dengan adanya asuhan COC maka perkembangan kondisi ibu setiap saat akan terpantau dengan baik. Asuhan kebidanan secara COC adalah salah satu upaya untuk menurunkan Angka kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) (Diana, 2017)


Dalam laporan studi kasus ini penulis menggunakan Manajemen Varney dengan didokumentasi dengan manajemen SOAP. Populasi dalam studi kasus ini adalah ibu hamil yang melakukan ANC secara rutin di PMB Nurmaladewi, S.ST Raja Basa Kota Bandar Lampung pada trimester tiga pada bulan Oktober 2022 berjumlah 20 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah  Ny. S , Ny, D san Ny. K. Instrumen adalah alat yang dapat dipakai penulis untuk mendapatkan data. Penelitian ini menggunakan instrument seperti lembar pengkajian, checklist, dokumentasi


Berdasarkan pengkajian data subjektif dan objektif pada ketiga klien didapatkan keluhan pada bayi  Ny. S, bayi Ny D dan bayi Ny K mengalami lebih sering menyusui di malam hari sehingga waktu tidur kurang. Penatalakasanaan pada bayi  Ny. S, bayi Ny D dan bayi Ny K untuk meningkatkan kualitas tidur dengan pemberian pijat bayi. Hasil evaluasi setelah di lakukan intervensi berdasarkan observasi penilaian sebelum dan sesudah intervensi,   kualitas tidur pada bayi mengalami perubahan yang baik,  Ny. S,  durasi tidurnya bertamnah 60 menit, bayi Ny D  bertambah 50 menit dan bayi Ny K  bertambah 60 menit. Hal ini sesuai dengan jurnal/evidece based yang ada permasalahan teratasi serta tidak terdapat kesenjangan antara teori dan praktik.

Keywords

asuhan kebidanan continuity of care pijat bayi

Article Details