Main Article Content

Abstract

Kanker serviks adalah tumor ganas primer yang berasal dari sel apitel skuamosa. Cankers serviks merupakan kanker yang terjadi pada serviks atau leher Rahim( Ria, 2016). Yayasan kanker Indonesia 2013 menyebutkan setiap tahunnya sekitar 1,4 per 330.000 perempuan didiagnosa menderita kanker serviks, pada tahun 2014 meningkat 1.5%.


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahuin pengaruh penyuluhan tentang kanker serviks terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang kanker serviks di desa suka agung kecamatanbulok tahun 2018.


Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Penyuluhan Tentang Kanker Serviks Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kanker Serviks, subjek penelitiannya adalah seluruh wanita usia subur diwilayah suka agung, sampel yang digunakan adalah Accidental sampling sebanyak 98. Analisa dalam penelitian ini adalah Univariat dan Bivariat.


Hasil penelitian diperoleh p-value 0,000 <0,05 yang artinya terdapat perbedaan pengaruh sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang kanker serviks terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang kanker serviks di Desa Suka Agung Kecamatan Bulok tahun 2018. Hal ini menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.


Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang kanker serviks meningkat. Diharapkan peneliian ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu di desa suka agung, sebagai informasi dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam upaya mencegah kanker serviks.

Keywords

Pengaruh Penyuluhan Kanker Serviks

Article Details