Main Article Content
Abstract
Kunjungan K-4 merupakan kontak ibu hamil yang keempat atau lebih dengan petugas kesehatan untuk pemeriksaan kehamilan, dengan distribusi kontak minimal 1 kali pada triwulan I, 2 kali pada triwulan II, dan 3 kali pada triwulan III. Faktor pendukung (enabling factor) pemeriksaan kehamilan salah satunya adalah kualitas pelayanan seperti sepuluh standar pelayanan yang harus dilakukan oleh bidan atau tenaga kesehatan yang dikenal dengan 10 T dan faktor kebutuhan (need) seperti kebutuhan yang dirasakan (perceived need). Presentase kunjungan K-4 di Puskesmas Dwikora Jaya dari tahun 2023 didapatkan 67,3% hingga masih jauh dari target cakupan kunjungan K-4 secara nasional yaitu sebesar 85,35%. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas dan kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan dengan rendahnya cakupan K4 pada ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Dwikora Jaya Kecamatan Gunung Agung Tulang Bawang Barat Tahun 2024. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan analitik cross sectional. Subjek penelitian ini adalah ibu hamil trimester III dengan populasi sebanyak 189 ibu hamil. Besaran sampel rumus slovin didapatkan sampel sebanyak 65 responden dengan teknik sampling sistematik random sampling. Jenis data menggunakan data primer dengan menggunakan pedoman wawancara. Analisa data menggunakan chy square. Hasil uji statistik ada hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kebutuhan terhadap rendahnya cakupan kunjungan K4 pada ibu hamil trimester 3 dengan nilai ρ value = 0,027, dan ρ value = 0,044. Saran pada ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali selama kehamilannya. Saran kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan agar ibu hamil mendapatkan pelayanan maksimal dalam pemeriksaan kehamilan.