Main Article Content

Abstract

 


Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia mencapai 15 per 1.000 kelahiran hidup dan angka kematian bayi (AKB) mencapai 24 per 1.000 kelahiran ibu. (Kemenkes, 2018). Laporan tugas Akhir ini bertujuan untuk memberikan Asuhan Kebidanan secara komprehensif pada ibu hamil sampai dengan keluarga berencana dengan metode pendekatan manajemen kebidanan pada Ny. E di PMB Rohayati, S.Tr.Keb. Di kec. Sidoharjo kab. Pringsewu.


Metode yang digunakan pada Laporan Tugas Akhir yaitu Observasional Deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan study kasus di PMB Rohayati, S.Tr.Keb. Dalam studi kasus  ini  metode pengumpulan data  yang  digunakan adalah dengan pengumpulan data primer melalui wawancara secara langsung kepada pasien dan pengumpulan data sekunder melalui buku atau artikel yang ada dari ANC, INC, BBL, PNC, dan KB.


Hasil dari study kasus ini didapat pada ANC tidak terdapat kesenjangan,   pada INC tidak terdapat adanya kesenjangan. Sedangkan pada PNC dan KB ada kesenjangan pasien mengalami bendungan payudara di hari ke 6 postpartum. Pada saat KB ibu memilih KB suntik 3 bulan. Saran bagi PMB Rohayati, S.Tr.Keb, yaitu mengajarkan pasien untuk melakukan breast care dan menyusui dengan benar

Article Details