Main Article Content

Abstract

Dikatakan menderita penyakit DM jika ada gejala DM dengan glukosa plasma sewaktu ≥200mg/dl. Tahun 2017 ada sekitar 425 juta orang diseluruh dunia menderita DM. Indonesia menduduki peringkat ketujuh dengan jumlah 10,3 juta penderita. Sedangkan untuk kabubaten Lampung Tengah menduduki peringkat pertama untuk penderita DM di provinsi Lampung yaitu sebanyak 4.782 orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh “Penerapan Intervensi Senam Diabetes Pada Kadar Glukosa Darah Pasien DM Di Persatuan Senam Diabetes Indonesia (Persadia) Rsu Az-Zahra Lampung Tengah tahun2023.


Desain penelitian pre-experimental dalam bentuk one group pre-post test design. Pengumpulan data menggunakan alat ukur glukometer secara langsung kepada responden sebelum dan sesudah senam diabetes.


Evaluasi Senam Diabetes terhadap penurunan glukosa darah di group PERSADIA RSU Az-Zahra Kalirejo tahun 2023, didapatkan hasil yang signifikan yaitu menurunnya glukosa darah responden yaitu sebelum dilakukan senam diabetes terdapat 27,5% dengan GDS tinggi setelah dilakukan senam diabetes selama 60 menit ada penurunan menjadi 13,7%. Saran diharapkan penerapan senam diabetes pada pasien DM menjadi aktivitas rutin supaya glukosa darah pasien dapat menurun dan terkontrol dengan baik.

Keywords

DM, Kadar Glukosa Darah, Senam Diabetes

Article Details