Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Anemia pada kehamilan biasanya dikarenakan kurangnya asupan gizi saat hamil dimana kebutuhan zat besi semakin meningkat. Salah satu upaya adalah dengan mengkonsumsi bahan alami seperti madu. Madu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, khususnya wanita hamil dimana dalam madu 100 gram mengandung fe/ zat besi 0,42 mg dan folat  2 mikrogram, vitamin C 0,5 mg. Studi pendahuluan yang di lakukan peneliti di Puskesmas Tulang Bawang Baru di peroleh data dari 88 (100%) ibu hamil, 22 orang mengalami anemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas madu terhadap kenaikan kadar Hb pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Rawat Inap Tulang Bawang Baru Kabupaten Lampung Utara Tahun 2022.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan studi pre eksperimen dengan one group pre post test design. Populasi dalam penelitian adalah ibu hamil anemia trimester III yang melakukan Ante Natal Care ke Puskesmas Rawat Inap Tulang Bawang Baru yang berjumlah 44 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang yang diberikan madu multi flora sebanyak 28 gram setara dengan 3 sendok makan diberikan 1 kali sehari selama 14 hari. Analisa Bivariat dalam penelitian ini menggunakan uji T-Test.


Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kadar Hb sebelum pemberian madu adalah 9,04 dan sesudah 11,16. Adanya pengaruh madu terhadap kenaikan kadar HB pada ibu hamil trimester III dengan hasil p-value =0,000. Diharapkan ibu hamil dapat lebih aktif mencari informasi melalui leaflet, poster, majalah untuk meningkatkan kadar Hb ibu hamil.


Kata Kunci      : Madu, Kadar Hemoglobin, Ibu hamil

Keywords

Madu, Kadar Hemoglobin, Ibu hamil

Article Details