Stress Dengan Tingkat Prestasi Akademik Santri

  • Ardinata Universitas Aisyah Pringsewu
  • Luthfi Syafiq Andrian Universitas Aisyah Pringsewu
  • Andi Susanto Universitas Aisyah Pringsewu
  • Feri Agustrian Universitas Aisyah Pringsewu

Abstract

Stress merupakan penyakit peringkat ke-4 dunia dengan prevalensi 350 juta penduduk dunia mengalami stress. Sementara itu penduduk yang mengalami stress di Indonesia berjumlah sekitar 1,33 juta. Stress banyak dialami oleh remaja terutama pada konteks pendidikan. Pendidikan yang sangat rentan timbulnya stress adalah pondok pesantren. Apabila santri tidak dapat mengatasi kondisi tersebut maka akan mengganggu proses pendidikan itu sendiri dan akan berpengaruh pada prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan stress dengan tingkat prestasi akademik santri Pondok Pesantren Misbahul Munir As-suhaili   Purwodadi. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross sectional, jumlah sampel 197 responden santri Pondok Pesantren Misbahul Munir As-suhaili Purwodadi, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Pengumpulan data tingkat stress pada santri menggunakan kuesioner. Untuk variabel dependen tingkat prestasi akademik santri menggunakan nilai rata-rata raport semester terakhir sebelum pengambilan data, analisis data secara univariat dan bivariat dengan uji statistik gamma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian responden dengan stress sedang dan tingkat prestasi akademik kurang sebanyak 166 (95,4%) responden, Dari hasil uji statistik gamma  diperoleh hasil nilai p-value = 0,042 < 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara stress dengan tingkat prestasi akademik santri Pondok Pesantren Misbahul Munir As-suhaili Purwodadi Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah Tahun 2022, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi Pondok Pesantren Misbahul Munir As-suhaili Purwodadi Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah.

Published
2024-02-28
Section
Articles