Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan SosialTidak Membantu Stres Akademik

Authors

  • Rima Wilantika Universitas Aisyah Pringsewu
  • Rismawati Rismawati Universitas Aisyah Pringsewu
  • Atika Damayanti Universitas Aisyah Pringsewu

Keywords:

Academic Stress, Social Support, Religious Ritual Discipline

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan hubungan antara disiplin beribadah dan dukungan sosial terhadap stres
akademik mahasiswa pada perguruan tinggi swasta berbasis nilai-nilai keislaman di Jakarta. Penelitian ini  adalah survey yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik statistik korelasi. Sebagai alat pengumpulan data dipergunakan kuesioner dengan skala tipe Likert yang mengukur disiplin beribadah, dukungan sosial dan stres akademik yang dirasakan mahasiswa dan disiplin beribadah mahasiswa yang  sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil baik. Analisis data pada mahasiswa ini  menunjukkan bahwa disiplin beribadah memiliki korelasi yangnegatif dengan stres akademik, tetapi dukungan sosial tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan stres akademik. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan kontekstual pada variabel yang memengaruhi stres akademik. Dalam hal ini, disiplin beribadah lebih memengaruhi mahasiswa dibandingkan dengan dukungan sosial dalam mengatasi stres akademik yang mereka miliki. Dengan demikian, penanaman nilai-nilai agama yang mementingkan pentingnya hubungan antar manusia dalamkonteks akademik menjadi sangat penting dalam lingkungan ini.

Published

2022-06-27