PKM PENERAPAN ICE BREAKING TANPA MEDIA UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA

  • Hamid Mukhlis Universitas Aisyah Pringsewu
  • Muflihah Awaliyah Sufti Universitas Aisyah Pringsewu
  • Dinda Maharani Universitas Aisyah Pringsewu
  • Eva Agustian Universitas Aisyah Pringsewu
  • Dilla Indah Purnama Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Ice Breaking Tanpa Media, Kejenuhan Belajar

Abstract

Kejenuhan belajar banyak dialami siswa SD X Gisting dan guru belum mendapatkan solusi akan hal tersebut, sehingga dalam program pengabdian kepada masyarakat ini tim pengabdi memberikan solusi akan permasalahan guru-guru tersebut yaitu menerapkan ice breaking tanpa media sebagai upaya
mengatasi kejenuhan belajar siswa. Keefektifan dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan ice breaking tanpa media kepada siswa yang diwujudkan oleh kreativitas para guru sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan lagi dalam proses pembelajaran. Ice breaking tanpa media berarti guru
melakukan kegiatan untuk menghilangkan jenuh siswa tanpa suatu alat bantu seperti tanpa musik, gambar atau media apa pun, hanya menggunakan pemikiran sendiri dalam mengkonsep ide kreatif tersebut. Dalam pemahaman akan materi guru-guru memiliki peningkatan antara sebelum dan sesudah diberikan
materi, sebelum diberikan materi dengan nilai 572 dan setelah diberikan materi dengan nilai 826, sehingga pengabdian yang dilakukan pada sekolah ini mendapatkan peningkatan penerapan iptek bagi guru-guru. Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan ini yaitu laporan akhir dari kegiatan pengabdian,
publikasi ilmiah pada prosiding, publikasi pada media massa online.

Published
2020-12-29