KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN PRAKTEK DITINJAU DARI OPTIMISME, KECERDASAN EMOSI DAN DUKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA STIKES

  • Annida Dahrul Universitas Aisyah Pringsewu
  • Rully Afrita Harlianty Universitas Aisyah Pringsewu
  • Ajeng Roro Asih Universitas Aisyah Pringsewu
  • Julia Nabila Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Optimisme, kecerdasan emosi, dukungan sosial, kecemasan, Mahasiswa

Abstract

Menjadi seorang mahasiswa kesehatan dituntut untuk memiliki pengetahuan, keterampilan
dan sikap profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan
bermutu, khususnya pelayanan keperawatan dan kebidanan. Salah satu cara untuk
meningkatkan keterampilan mahasiswa adalah ujian praktik di laboratorium. Ujian praktik ini
dapat menyebabkan kecemasan bagi mahasiswa sebelum melaksanakan ujian tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran optimism, kecerdasan emosional dan
dukungan sosial dengan subjek mahasiswa STIKES sebanyak. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan menggunakan skala. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda
diperoleh nilai F sebesar -60,5 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Sehingga dikatakan
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa
ada hubungan negatif yang sangat signifikikan antara optimisme, kecerdasan emosi dan
dukungan sosial dengan kecemasan. Semakin tinggi tingkat optimism, kecerdasan emosi dan
dukungan sosial pada mahasiswa STIKES maka semakin rendah kecemasan yang dimiliki
mahasiswa STIKES. Sebaliknya.

Published
2021-06-29