PENGARUH PELATIHAN MINDFULNESS TERHADAP PENINGKATAN KONTROL DIRI SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan meditasi mindfulness terhadap
tingkat kontrol diri. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
pelatihan meditasi mindfulness terhadap tingkat kontrol diri diri pada mahasiswa. Kabat-Zinn
mendefinisikan mindfulness sebagai usaha memberikan perhatian melalui beberapa cara yaitu
dengan tujuan, kekinian dan tidak ada penilian terhadapnya (Cayoun, tt).Goldfield dan
Merbaum (Indraprasti & Rachmawati, 2008) mendefinisikan kemampuan mengontrol diri
sebagai suatu kemampuan untuk menyusun, membimbing, mengatur dan mengarahkan bentuk
perilaku yang membawa individu ke arah konsekuensi positif.Subjek penelitian ini adalah 38
subjek dari siswa-siswi kelas IPA SMA 2 Pringsewu yang terbagai menjadi 2 kelompok yaitu
18 subjek kelompok eksperimen dan 18 subjek kelompok kontrol. Penelitian ini memberikan
pelatihan meditasi mindfulness kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak
mendapatkan perlakuan (waiting list).Kontrol diri subyek penelitian ini diukur dengan
menggunakan skala kontrol diri hasil modifikasi dari aspek-aspek kontrol diri yang dijelaskan
oleh Indraprasti & Rachmawati (2008). Berdasarkan analisis data menggunakan teknik PairedSamples T Test diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,369 dengan p = 0,132 (p > 0,05) yang
berarti bahwa tidak ada korelasi antara kemampuan kontrol diri kelompok eksperimen sebelum
diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian maka, pelatihan meditasi
mindfulness tidak berpengaruh dalam meningkatkan kontrol diri siswa.