PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENURUNKAN KEBIASAAN MENGGUNAKAN HANDPHONE PADA SAAT JAM PELAJARAN BERLANGSUNG PADA SISWA SMP

  • Rully Afrita Harlianty Universitas Aisyah Pringsewu
  • Eva Agustian Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Konseling Kelompok Realita, Kebiasaan Menggunakan Handphone Pada Saat Jam Pelajaran Berlangsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok realita dapat menurunkan kebiasaan menggunakan handphone pada saat jam pelajaran berlangsung pada siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test dan post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kebiasaan menggunakan handphone pada saat jam pelajaran berlangsung dan untuk mengukur hasil dari perlakuan penerapan konseling kelompok realita. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelasVIII SMP X Pringsewu. Berdasarkan hasil analisis statistik non parametrik dengan uji tanda maka dapat diketahui N = 6 dan X = 0. Tabel harga X dalam tabel binominal menunjukkan bahwa N = 6 diperoleh ρ = 0,016. Harga ini lebih kecil daripada α dan berada pada daerah penolakan
untuk α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa
hipotesis statistik yang berbunyi konseling kelompok realita dapat menurunkan kebiasaan menggunakan handphone pada saat jam pelajaran pada siswa SMP. Dengan demikian dari hasil analisis uji tanda tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dari penelitian yang berbunyi “penerapan konseling kelompok realita dapat menurunkan kebiasaan menggunakan handphone pada saat jam pelajaran berlangsung pada siswa SMP” dapat diterima

Published
2020-12-29