Main Article Content

Abstract

ASI ekslusif merupakan makanan terbaik yang harus diberikan kepada bayi, karena didalamnya terkandung hampir semua zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Faktor-faktor yang menghambat penggunaan ASI Eksklusif diataranya pada ibu adalah kurangnya pengetahuan ibu terhadap keunggulan ASI dan fisiologi laktasi, kurangnya persiapan fisik dan mental ibu, kurangnya dukungan keluarga, kurangnya dukungan dari fasilitas pelayanan kebidanan, kurangnya fasilitas yang mendukung laktasi di tempat kerja, dan kurangnya dukungan lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Pasar Banjit Wilayah Kerja Puskesmas Banjit Way Kanan tahun 2017.


 


Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan corss sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah para ibu yang mempunyai bayi dan masih menyusui di Desa Pasar banjit Wilayah Kerja Puskesmas Banjit Kabupaten Way Kanan Tahun 2017 dengan jumlah sampel 64 orang.


 


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Pasar Banjit  Wilayah Kerja Puskesmas Banjit Way Kanan dengan nilai p value 0,001. Ada hubungan sikap ibu dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Pasar Banjit Wilayah Kerja Puskesmas Banjit Way Kanan dengan nilai p value 0,004. Oleh karena perlunya peningkatan peran perawat maternitas dan bidan dalam membimbing dan memberikan informasi tentang ASI dan laktasi sejak ibu masih mengandung.

Article Details