Main Article Content

Abstract

Capaian per Kabupaten kota tidak ada satupun Kabupaten Kota yang mencapai target yang diharapkan di Kabupaten Pringsewu sebesar 53,9% (Dinkes Lampung, 2015). Diketahui faktor - faktor  yang berhubungan keberhasilan ASI Eksklusif pada ibu yang memiliki bayi 7 – 12 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Sukoharjo Kabupaten Pringsewu tahun 2018.


Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan cross setional. Subjek penelitian adalah seluruh ibu yang memiliki bayi yang memilki bayi 7 – 12 bulan dengan populasi 42 responden pada tahun 2018 dan sampel penelitian menggunakan teknik sampling total sampling dengan jumlah 42 responden. Teknik pengumpulan data primer yaitu dengan menggunakan kuesioner. analisa data univariat menggunakan persentasi dan analisis bivariat menggunakan uji chy - square dengan alpa = 0,05.


Hasil Distribusi frekuensi ibu yang memberikan ASI Eksklusif pada bayi 7 – 12 bulan sebanyak 20 (47,6%) responden, pendidikan SMA sebanyak 29 (69%) responden, pendapatan tinggi sebanyak 27 (64,3%) responden dan pengetahuan baik sebanyak 18 (42,9%) responden. Hasil uji statistik didapatkan pendidikan (ρ – value 0,259) dan  pendapatan keluarga (ρ – value 0,679) yang berarti tidak ada hubungan.  Ada hubungan pengetahuan dengan keberhasilan ASI Eksklusif pada ibu yang memiliki bayi 7 – 12 bulan di Desa Pandan Sari Wilayah Kerja Puskesmas Sukoharjo Kabupaten Pringsewu tahun 2018 dengan ρ – value 0,014 dan OR = 6,314.


Peneliti menyimpulkan hanya factor pengetahuan yang berhubungan dengan keberhasilan ASI Eksklusif. Saran bagi ibu yang memiliki pengetahuan kurang / cukup baik yang tidak ASI Eksklusif untuk mencari informasi tentang pentingnya ASI Eksklusif pada bayi dan mengkonsultasikan kepada tenaga kesehatan apabila terjadi gangguan pertumbuhan serta perkembangan bayinya.

Article Details