Manajemen Strategi dengan Pendekatan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar Bunga Lokal (Studi kasus pada: UMKM Buciso Florist)

  • Naufal Sinatria Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Managemen Strategi ; Analisis SWOT; Daya Saing

Abstract

UMKM dapat didefinisikan berdasarkan beberapa kriteria yang berbeda, yang dapat mencakup jumlah karyawan, jumlah penjualan atau pendapatan, dan/atau jumlah aset atau modal yang dimiliki bisnis. Perubahan dalam dunia usaha merupakan hal yang lazim dan menjadi suatu tantangan bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya. Sehingga diperlukan analisa pasar untuk mengubah managemen strategi. Seperti halnya yang dihadapi UMKM Buciso Florist yang sedang mengalami dinamika persaingan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Setelah dilakukan observasi , peneliti menemukan branding yang kuat pada UMKM Buciso Florist , namun persaingan bisnis pada daerah pemasaran semakin ketat, sehingga diperlukan managemen strategi yang baik untuk keberlangsungan jangka panjang UMKM. Analisis SWOT digunakan dalam mengimplementasikan strategi dansebagai instrumen penyelesaian.

Published
2024-07-22