Main Article Content

Abstract

Status gizi dipengaruhi oleh banyak faktor salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah pendidikan dan pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI. Semakin tinggi pendidikan dan pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI maka diharapkan perilaku ibu dalam memenuhi status gizi pada bayi akan semakin baik dan meningkatkan status gizi bayi tersebut.


Tujuan dari penelitian adalah diketahuinya hubungan pendidikan dan pengetahuan ibu tentang makanan pendamping asi dengan status gizi pada bayi usia 6-12 bulan di Posyandu Kenanga Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 2018.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi 6-12 bulan yang ada di Posyandu Kenanga Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 2018 sebanyak 157 orang, jumlah sampel sebanyak 157 orang, teknik sampling yang digunakan adalah total populasi. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan chi square.


Hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan pendidikan (p-value = 0,010 dan OR = 3,442) dan pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI (p-value = 0,010 dan OR = 3,612) dengan status gizi pada bayi usia 6-12 bulan di Posyandu Kenanga Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 2018.


Saran, hasil penelitian dapat digunakan oleh masyarakat sebagai tambahan pengetahuan tentang hubungan pendidikan dan pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI dengan status gizi pada bayi usia 6-12 bulan.

Article Details