Main Article Content

Abstract

     Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia masih tinggi. Oleh karena itu untuk membantu upaya penurunan AKI salah satunya adalah melaksanakan asuhan secara berkelanjutan atau Komprehensif. Dengan memberikan asuhan secara Komprehensif dari masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, dan keluarga berencana. Upaya ini diharapkan mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Tujuan peneliti melaksanakan asuhan kebidanan secara Komprehensif pada ibu hamil, bersalin, nifas, BBL dan KB menggunakan pendekatan manajemen kebidanan 7 langkah Varney yang dituangkan dalam bentuk SOAP, dengan didukung oleh peran nakes dalam mencari kesenjangan antara teori dan praktik.


     Laporan Tugas Akhir ini dalam bentuk studi kasus dengan menggunakan pendokumentasian metode SOAP. Subjek penelitian ini adalah Ny. K dari trimester III, bersalin, nifas, bayi baru lahir, hingga ibu dapat memutuskan metode KB. Dalam pengumpulan data, dilakukan dengan menggunakan anamnesa, pemeriksaan fisik, kasus diolah dan di analisis.


     Hasil penelitian diperoleh bahwa asuhan kehamilan yang diberikan fokus pada tanda persalinan dan hasil akhir kehamilannya tidak terjadi kesenjangan antara teori dan praktik. Dilakukan asuhan masa nifas sebanyak 4 kali kunjungan dan tidak ditemukan kesenjangan antara teori dan praktik. Dan ibu sudah memutuskan metode kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Pada penanganan bayi baru lahir tidak ditemukan kesenjangan antara teori dan praktik. Saran dari studi kasus ini bertujuan agar pasien selalu memeriksakan keadaan kehamilannya secara teratur dan saran untuk PMB yaitu untuk meningkatkan asuhan kebidanan dengan standar SOAP.

Keywords

AKI AKB Asuhan

Article Details