Main Article Content

Abstract

Secara nasional cakupan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia kurang dari enam bulan sebesar 55,7% telah mencapai target. Dari 33 provinsi yang melapor, sebanyak 29 di antaranya (88%) berhasil mencapai target renstra 2015, sedangkan Provinsi Lampung tidak mencapai target yaitu hanya sebesar  54,9%. Kabupaten Mesuji pencapaian sebesar 81,4%. Diketahui Pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif di Desa Tanjung Menang Raya Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung tahun 2017.


Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi exsperiment (pre test dan post test design). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 48 orang, dengan  sampel sebanyak 48, teknik sampling dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Data diambil dengan kuesioner. Analisa data dilakukan dengan univariat dan bivariat. 


Hasil Penelitian didapati Rata – rata tingkat pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan adalah 40,73 dengan standar deviasi 9,784. Rata-rata tingkat pengetahuan sesudah diberikan penyuluhan adalah 63,54 dengan standar deviasi 6,749. Terdapat pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif, nilai perbedaan antara sebelum dan sesudah penyuluhan adalah 22,81 poin. Hasil uji statistik didapatkan nilai p-value 0,000 dan t-test 19,965. Perlu diadakan secara kegiatan penyuluhan oleh tenaga kesehatan setempat tentang kesehatan ibu terutama tentang masalah ASI  eksklusif sehingga dapat meningkatkan pengetahuan ibu

Article Details