HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG DISMINOREA DENGAN PENATALAKSANAAN DISMINOREA PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 2 KALIRJO LAMPUNG TENGAH TAHUN 2021

  • Yona Desni Sagita
  • Siti Maesaroh Universitas Aisyah Pringsewu
  • Yetty Dwi Fara Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Remaja Putri, Pengetahuan, Penatalaksanaan Disminorea

Abstract

Masa remaja adalah suatu tahapan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa mulai dari usia 12 tahun pada wanita. Pada remaja putri khususnya ditandai dengan dimulainya siklus menstruasi. Salah satu gangguan menstruasi adalah dismenore. Cara untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi dengan olahraga, kompres air hangat, minum obat pengurang nyeri, minum air kunyit, posisi membungkuk, dan istirahat cukup. Salah satu faktor penyebab dismenorea adalah faktor psikis yang dapat ditimbulkan oleh stres karena kurangnya pengetahuan remaja tentang menstruasi. Kurangnya pengetahuan remaja ini adalah akibat kurangnya informasi kesehatan yang benar dan kurangnya akses remaja terhadap pelayanan kesehatan reproduksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang disminorea dengan penatalaksanaan disminorea pada remaja putri di SMP Negeri 2 Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah tahun 2021.

Jenis penelitian kuantitatif dengan desain analitik dan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswi di SMP Negeri 2 Kalirejo sebanyak 233 siswi. jumlah sampel yang diperlukan sebanyak 147 siswi, pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adala kuesioner. Analisis data yang digunakan menggunakan uji chi square.

Hasil analisis dan pengolahan data didapatkan 88 (59.9%) responden dengan pengetahuan kurang baik dan 59 (40.1%) responden dengan pengetahuan baik, 96 (65.3%) responden kurang baik karena melakukan penanganan disminorea kurang dari 3 upaya dan 51 (34.7%) responden baik karena melakukan penanganan disminorea lebih dari 3 upaya. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan tentang disminorea dengan penatalaksanaan disminorea pada remaja putri di SMP Negeri 2 Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah didapatkan pvalue 0,013 (<0.05) dengan Odds Ratio sebesar 2.553 (5.130-1.270). Diharapkan hasil penelitian ini dapat membuat pihak sekolah sesering mungkin memberikan informasi dan pengetahuan tentang upaya penanganan disminorea, serta menyiapkan media cetak sebagai bahan wacana siswi disekolah seperti poster dan leaflate di depan UKS.

Published
2021-05-31