Main Article Content

Abstract

Perkembangan anak merupakan masalah kesehatan utama diberbagai negara, lebih dari 190 juta anak yang hidup tidak dapat mencapai usia perkembangannya yang potensial. Perkembangan anak merupakan proses penting yang harus dilalui anak. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan mental anak salah satunya status Ibu bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Status Ibu Bekerja dengan Perkembangan Anak di TK Satu Atap Desa Bangi Pekurun Kabupaten Lampung Utara Tahun.


Desain yang digunakan dalam penelitan ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua anak yang ada di TK Satu Atap Desa Bangi Pekurun Kabupaten Lampung Utara. Sampel penelitian ini sebanyak 58 anak.Tekhnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling Analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji chi square.


Analisa univariat diketahui sebanyak 31 responden (53,4%) memiliki ibu dengan status bekerja dan sebanyak 48 responden (82,6%) mengalami perkembangan mental sesuai. Hasil uji statistik chi square didapat p value = 0,007, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analsis menunjukan ada semua anak yang ada di TK Satu Atap Desa Bangi Pekurun Kabupaten Lampung Utara yaitu sebanyak 58 anak. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan serta tambahan pengetahuan  kepada  responden  tentang  pentinganya peran orang tua khsusunya ibu dalam proses perkembangan mental anak.

Keywords

Status Ibu Bekerja Perkembangan Mental Emosional

Article Details