Main Article Content

Abstract

Secara nasional, sebanyak 8,3% perempuan usia 30-50 tahun telah menjalani deteksi dini kanker leher rahim melalui metode IVA dan kanker leher rahim melalui sadanis.. Hasil Pra survey di PuskesmasPutih Doh  hingga bulan Juli 2021 dari sasaran 3.760 orang cakupan yang diperoleh hanya 45 orang (1,19%) yang melakukan pemeriksaan IVA dengan target nasional yaitu 90%. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Rendahnya Pemeriksaan IVA Test Pada Wanita Usia Subur Di Puskesmas Putih Doh Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus Tahun 2021.


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh WUS Di Puskesmas Putih Doh Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 yang berjumlah 3.760 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 362 responden. Analisis yang digunakan adalah uji chi square.


Hasil dari penelitian ada hubungan pengetahuan ( p value :0,02,OR, 2,7), sikap ( p value :0,00,OR, 2,8) dan dukungan suami ( p value :0,05,OR, 1,75)  dengan pemeriksaan IVA di Wilayah Kerja Puskesmas Putih Doh Kabupaten Tanggamus Tahun 2021. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disarankan bagi Puskesmas Putih Doh untuk Mensosialisasikan      kepada      masyarakat bahwa pemeriksaan IVA dan Papsmear bagi peserta BPJS kesehatan adalah gratis, dan lebih   banyak   melakukan   kegiatan   bakti sosial   dengan   mengadakan   pemeriksaan IVA  gratis  bagi  seluruh  masyarakat  yang ada diwilayah kecamatan Cukuh Balak kabupaten tanggamus.

Keywords

IVA, WUS, Pengetahuan, Sikap, Dukungan Suami

Article Details