Main Article Content

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Pringsewu pada tahun 2018 berjumlah 6 kasus atau dengan Angka Kematian Ibu (AKI) sebesar 92 per 100.000 Kelahiran Hidup (KH),sedangkan Angka Kematian Bayi di kabupaten Pringsewu pada tahun 2018 sebesar 9 per 1000 kelahiran hidup. Selain itu salah satu upaya untuk mengurangi AKI dan AKB adalah dengan melakukan asuhan komprehensif dari kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, dan keluarga berencana. Tujuan Laporan Tugas Akhir ini ditulis untuk melaksanakan asuhan kebidanan secara komprehensif pada ibu ANC, INC, PNC, BBL dan KB dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan 7 langkah yang dituangkan dalam SOAP, dengan didukung oleh peran tenaga kesehatan dalam mencariteori dan praktik.


Metode yang digunakan pada Laporan Tugas Akhir yaitu Observasional Deskriptif. Dalam studi kasus ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data primer melalui wawancara langsung kepada klien dan sekunder melalui buku atau artikel yang ada dari ANC, INC, PNC, BBL, dan KB. Subjek dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah Ny.R dari kehamilan,persalinan,BBL, nifas sampai KB, dan bayi Ny.R di tempat PMB Wiji Lestari S.ST pengkajian dimulai pada bulan Februari sampai Mei 2022.


Kesimpulan dari studi kasus ini adalah bahwa tidak ada kesenjangan antara teori dan praktik dilahan. Saran bagi PMB Wiji Lestari S.ST sebagai bahan evaluasi bagi lahan praktik untuk mensosialisasikan tentang asuhan yang berkelanjutan yang berhubungan dengan cara kompehensif dari kehamilam, persalinan, BBL, nifas,dan KB serta IMD selama 1 jam yaitu dengan cara konseling dan pembagian leaflet.

Keywords

Asuhan Kebidanan Komprehensif, ANC, INC, PNC,BBL KB

Article Details