Main Article Content

Abstract

Kecemasan merupakan keadaan yang sering dirasakan ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan dan diperkirakan dialamai 28,7% ibu hamil di Indonesia. Kecemasan dapat meningkatkan resiko mortalitas dan morbiditas pada ibu hamil. Penatalaksanan yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat kecemasan pada masa kehamilan adalah dengan melakukan senam hamil. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh senam hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil primigravida menghadapi persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara Tahun 2022.


Jenis penelitan ini adalah Pre experiment dengan rancangan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil Trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara sebanyak 48 responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 sampel. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Quota sampling. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan Uji T Dependen.


Hasil Analisa univariat diketahui sebelum diberikan intervensi senam hamil skor rata-rata kecemasan responden adalah 49.73 dan sesudah diberikan intervensi skor rata-rata kecemasan responden adalah 49.73. Hasil analisa bivariat diketahui ada pengaruh senam hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil primigravida Trimester III menghadapi persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara Tahun 2022 dengan p-value 0.000. Bagi ibu hamil untuk dapat melakukan senam kehamilan menggunakan pendampingan tenaga kesehatan sebagai penatalaksanan dalam menurunkan tingkat kecemasan ibu hamil Trimester III mendekati persalinan.


 

Keywords

senam hamil, Pre experiment, one group pretest-posttest

Article Details