Main Article Content

Abstract

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) kasus persalinan preterm mencapai 9,5% dari total kelahiran yang ada.  Beberapa faktor mempunyai andil dalam terjadinya persalinan preterm seperti faktor pada ibu, faktor janin dan plasenta, ataupun faktor lain seperti sosioekonomik . Tujuan dari penelitian ini adalah Diketahuinya faktor - faktor yang berhubungan dengan kejadian persalinan preterm di RSIA Anugerah Medical Centre Kota Metro Tahun 2020.


 Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Case cotrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh persalinan di RSIA Anugerah Medical Centre Kota Metro yang berjumlah 1890 responden. Sampel pada penelitian ini dengan perbandingan 1: 1 berjumlah 508 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Quota sampling dan total sampling pada kelompok kasus. Analisis yang digunakan adalah uji chi square.


Hasil dari penelitian adalah Distribusi  frekuensi usia ibu didominasi ibu dengan usia beresiko adalah 329 responden (64,8%), paritas ibu didominasi ibu dengan paritas primipara sebanyak 313 orang (61,6%), kejadian KPD didominasi ibu yang tidak mengalami KPD sebanyak 302  responden (59,4%),  penyakit hipertensi didominasi ibu yang mengalami hipertensi adalah 256 orang (50,4%), dan pendidikan ibu didominasi ibu dengan pendidikan menengah berjumlah 383 responden (75,4%). Hasil analisis bivariat diperoleh Ada hubungan usia ibu , paritas ibu, KPD dan pendidikan dengan kejadian persalinan preterm di RSIA Anugerah Medical Centre Kota Metro Tahun 2020.


Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diharapkan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dan informasi dalam pengambilan keputusan untuk penatalaksanaan persalinan jika ibu bersalin mengalami persalinan preterm.

Keywords

persalinan preterm Usia Paritas KPD hipertensi dan pendidikan

Article Details