TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN IMUNISASI MR IBU MEMILIKI BALITA USIA 9-59 BULAN

  • Yona Desni Sagita
  • Nilda Sary
  • Siti Maesaroh Universitas Aisyah Pringsewu
Keywords: Pendidikan, Pengetahuan dan Kepatuhan Imunisasi MR

Abstract

Campak dan Rubella merupakan penyakit menular melalui saluran nafas disebabkan virus Campak dan Rubella. Kepatuhan imunisasi MR adalah pemberian imunisasi untuk memutuskan penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai < 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Vaksin MR Dengan Kepatuhan Imunisasi MR Ibu Balita Usia 9 – 59 Bulan Di Puskesmas Way Panji Lampung Selatan Tahun 2019.

       Jenis penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sasaran adalah seluruh ibu yang memiliki balita usia 9-59 bulan.

       Hasil analisis didapatkan nilai p-value (0,000) yang artinya ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan kepatuhan imunisasi MR dengan Odds Ratio 11,163. Hasil analisis didapatkan nilai p-value (0,000) yang artinya ada hubungan tingkat pengetahuan tentang vaksin MR dengan kepatuhan imunisasi MR dengan Odds Ratio 18,400.

       Kepatuhan imunisasi MR ibu balita usia 9–59 bulan dalam kategori patuh sebanyak 56 (61,5%) responden. Berdasarkan tingkat pendidikan tinggi (SMA-PT) sebanyak 51 (56%) responden dan tingkat pengetahuan baik sebanyak 53 (58,2%) responden. Sebaiknya ibu yang memiliki balita usia 9-59 bulan berkunjung ke posyandu untuk melakukan imunisasi MR dan perlu diadakannya pendidikan non formal yaitu memberikan informasi kesehatan, serta kunjungan secara rutin ke rumah

Published
2020-05-31