Main Article Content

Abstract

Kematian anak merupakan masalah kesehatan yang di hadapi di Indonesia maupun di seluruh dunia. Tinggi angka kesakitan dan kematian pada anak disebabakan beberapa aktor salah satunya adalah faktor gizi. Faktor gizi pada anak dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah status pekerjaan Ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan status gizi pada anak TK dengan pekerjaan ibu di wilayah kerja Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu 2018.


Jenis penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak yang ada di TK wilayah kerja Puskesmas Kotabumi 1. Sampel penelitian ini berjumlah 75 sampel. Tekhnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji chi square.


Hasil analisa univariat diketahui responden dengan status ibu bekerja sebanyak 39 responden (52%) dan anak dengan status gizi baik sebanyak 51 anak (68%). Hasil uji statistik chi square diketahui tidak  ada Hubungan status gizi pada anak TK dengan pekerjaan ibu di wilayah kerja Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu dengan nilai p-value 0.125< 0,05. Sehingga Ho diterima.


Bagi petugas kesehatan hasil penelian ini dapat menjadi acuan untuk dapat memberikan pendidikan kesehatan khususnya pada ibu tentang Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi status gizi pada anak.

Article Details