Main Article Content

Abstract

Faktor kesulitan makan yang sering dialami oleh sekitar  25-40% anak-anak, dan meningkat sekitar hingga 70% pada anak yang lahir prematur atau dengan penyakit kronik. Faktor-faktor yang mempengaruhi anak sulit makan yaitu faktor makanan, gangguan psikologis, dan kelainan organik. Penanganan sulit makan pada anak diharapkan akan mencegah timbulnya masalah gizi, terutama masalah kurang gizi dan gizi buruk.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan sulit makan di TK Kartini Kedaton Kota Bandar Lampung Tahun 2017.


Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di TK Kartini kepada 54 responden. Analisis data menggunakan uji chi square, dengan signifikasi p≤0,05.


Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara faktor makanan dengan sulit makan (p-value 0,026); ada hubungan faktor psikologi dengan sulit makan (p-value 0,017); ada hubungan faktor organik dengan sulit makan (p-value 0,013).Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada hubungan yang signifikan antara faktor makanan, psikologi, dan organik dengan sulit makan di TK Kartini Kedaton Kota Bandar Lampung Tahun 2017. Adapun saran pada penelitian ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan menambah pengetahuan orang tua mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan sulit makan pada anak dengan pemberian makanan bervariasi, tidak memihak serta menjaga kesehatan anak.


Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di TK Kartini kepada 54 responden. Analisis data menggunakan uji chi square, dengan signifikasi p≤0,05.


Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara faktor makanan dengan sulit makan (p-value 0,026); ada hubungan faktor psikologi dengan sulit makan (p-value 0,017); ada hubungan faktor organik dengan sulit makan (p-value 0,013).Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada hubungan yang signifikan antara faktor makanan, psikologi, dan organik dengan sulit makan di TK Kartini Kedaton Kota Bandar Lampung Tahun 2017. Adapun saran pada penelitian ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan menambah pengetahuan orang tua mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan sulit makan pada anak dengan pemberian makanan bervariasi, tidak memihak serta selalu menjaga kesehatan anak.

Article Details